Kamis, 15 Oktober 2009

Kue Kohjo dan Bistik Jawa Sindoro

Toko kue dan katering yang sudah berdiri hampir 50 tahun ini memang legendaris. Ada kue lapis kohjo dan engka ketan yang legit harum. Gudeg komplet, empal gepuk, urap dan bistik Jawa yang sedappun sangat menggiurkan. Semuanya bikin lidah bergoyang dan ketagihan!

Berada di kawasan Jl. Tanah Abang mengingatkan saya akan Toko Kue Sindoro yang cukup legendaris. Berbekal ingatan seadanya, saya menelusuri Jl. Tanah Abang II untuk mencarinya. Tepat di depan markas PasPamPres, toko mungil berbentuk rumah sederhana bertuliskan Sindoro di papannya yang tak terlalu besar. Area parkirannya sudah dipadati oleh pengunjung yang ingin makan siang ataupun hanya sekedar mampir untuk membeli aneka kue.

Benar saja, begitu masuk ke dalam sudah banyak orang yang menempati bangku-bangku yang berjajar rapi. Di bagian kiri terdapat ruangan yang dijadikan toko kue tradisional dan juga kue kering hasil produksi Sindoro Bakery. Bermacam-macam kue basah dan juga kue kering berjajar rapi dalam etalase.

Awalnya, Sindoro ini memang toko kue dan juga roti. Adalah Ibu Maria Darmo Rahardjo yang merintis usaha ini sejak tahun 1960. Perlahan-lahan, usaha kue ini berkembang menjadi usaha katering dan sekarang menjadi rumah makan yang cukup terkenal. Kue-kue kuno seperti lapis kohjo, engkak ketan, apem, centik manis, kue pisang, dan masih banyak lagi bisa dipilih dengan harga yang cukup terjangkau.

Di sisi lain toko kue, adalah rumah makannya. Rumah makan ini cukup unik, tak ada pelayan yang mencatat pesanan, atau wara-wiri mengantarkan pesanan pengunjung. Semuanya self service alias prasmanan, pengunjung yang datang langsung memilih makanan yang ada di bagian depan resto dan langsung membayarnya. Hmm.. lebih mirip seperti food court yang ada di pusat perbelanjaan.

Semua makanan yang disajikan bernuansa Jawa Tengah-an. Ada bistik daging, empal gepuk, gudeg komplet, lumpia, urapan, pecel, tempe tahu bacem dan masih banyak lagi. Hmm.. bingung juga nih menentukan pilihan! Melihat begitu banyak makanan yang tampak menggiurkan membuat saya ingin mencicipi semuanya.

Akhirnya saya dengan mantap memilih, bistik daging, uraban, tempe bacem, kering ikan kalapan, dan sambal. Bistik dagingnya cukup komplet. Dua buah daging yang diolah menyerupai daging burger ini berukuran cukup besar. Kuahnya berwarna kecokelatan sedikit pekat.

Rasanya manis-manis gurih, mirip dengan rasa kuah selat Solo. Kentang goreng yang dipotong memanjang, wortel, buncis rebus, irisan tomat, beberapa lembar daun selada, dan mustard jadi pelengkapnya. Rasa manis kuah bistik menjadi makin enak dengan rasa asam acar dan gurih mustard. Urapannya terdiri dari rebusan kol, kacang panjang, tauge, dan bayam diaduk bersama dengan kelapa berbumbu yang rasa manis, pedas dan gurihnya pas tidak berlebihan.

Yang paling saya suka adalah kering ikan kalapan. Ikan asin kapasnya digoreng kering barulah dimasak dengan bumbu yang manis-manis pedas. Dan diberikan sedikit taburan wijen. Rasanya kres..kres renyah manis gurih dan pedas enak! Apalagi setelah diadu dengan nasi putih hangat dan sambal goreng terasinya, makin mantap saja rasanya!

Sebagai pencuci mulut, kue lapis kohjo dan engkak ketan pun saya cicipi. Lapis kohjo ini berwarna hijau sedikit kecokelatan dengan aroma wango pandan suji. Setelah dikunyah terasa lembut denga rasa manis yang tak terlalu tajam. Tak beda jauh dengan engkak ketan yang warnanya kecokelatan. Sayang perut sudah mulai penuh sehingga jajan pasar dan kue yang saya beli saya kemas untuk oleh-oleh.

O ya, selain rasanya enak harga yang mereka bandrol pun tidak terlalu mahal. Untuk seporsi bistik Jawa komplet hanya dibandrol Rp 25.000,00 saja. Sedangkan aneka makanan pelengkapnya seperti uraban, tempe bacem, dan kering ikan kalapan hanya dihargai Rp 4.000,00 saja masing-masing.

Sebelum pulang, engkak ketan, lapis kohjo, centik manis, dan juga kue pisang saya beli sebagai oleh-oleh. Masing-masing kue tadi harganya Rp 3.000,00 saja. Cukup ramah di kantong bukan? Hmmm.. kalau ingin merasakan kenikmatan tradisional masa lampau, resto ini patut jadi persinggahan!

Sindoro
Bakeries-Catering-Restaurant
Jl. Tanah Abang II No. 13, Jakarta 10160
Telp: 021-3849260
Buka: 08.00-18.00 (toko kue)
09.00-15.00 (resto)


detik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar