Selasa, 13 Oktober 2009

Nasi Krawukan


Nasi rames komplet gaya Jawa Timur ini sudah mulai populer. Lauknya sederhana dan tiga macam serundeng yang jadi bumbunya bikin nais ini unik dan enak. Apalagi ya keunikan nasi yang sedpa ini?

Di Indonesia banyak sekali jenis nasi rames atau nasi dengan beragam lauk pauk. Begitu juga di Gresik, di daerah ini ada nasi rames yang cukup terkenal, namanya nasi Krawu. Nasi krawu sepintas mirip dengan nasi langgi. Disajikan di atas daun pisang dengan beragam lauk pauk yang menggugah selera.

Kata krawu sendiri menurut cerita berasal dari kata 'krawukan' yang berarti mengambil nasi atau lauk dengan tangan langsung tanpa bantuan sendok atau lainnya. Alias makan ramai-ramai dengan mencomot lauk-pauk secara langsung.

Sebenarnya, nasi Krawu ini justru makanan khas Madura. Tapi justru di daerahnya sendiri nasi krawu sudah sulit dijumpai bahkan hampir tak ada. Mungkin beberapa dari penjualnya sudah bermigrasi ke daerah Gresik, Jawa Timur sehingga banyak orang mengenal nasi Krawu ini adalah makanan khas Gresik.

Lauknya cukup komplet seperti daging sapi yang dimasak dengan bumbu empal manis ini disuwir-suwir, dagingnya sangat empuk. Tak ketinggalan telur asin, tempe goreng tepung, dan juga serundeng kelapa. O ya, yang paling menarik dari nasi krawu ini adalah tiga jenis serundeng yang digunakannya.

Serundeng ini bernama krawu, abon, dan juga mangot. Krawu adalah serundeng yang terbuat dari parutan kelapa yang merah dengar rasa sedikit pedas karena diberi cabai merah. Sedangkan abon berwarna kuning dengan rasa sedikit manis gurih karena diberi kunyit, dan mangot kelapa yang tidak di parut melainkan di tumbuk dicampur dengan kluwak, sehingga membuat rasanya gurih dan berwarna agak kecokelatan.

Di Jakarta, nasi krawu cukup populer. Bisa dibeli di food court mal besar dengan menu kahs nasi krawu. Atau di usaha catering yang mengkhususkan diri pada makanan Jawa Timur dan Madura. Per porsi harga sekitar Rp. 20.000,00. Jika melintas di jalan raya Condet, bisa mampir ke warung Gresik.

detik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar