Rabu, 07 Oktober 2009

Takoyaki

Camilan populer pinggir jalan asal Jepang ini ternyata sudah mendunia termasuk di Indonesia. Bentuknya yang bulat, empuk dengan isian daging octopus yang kenyal-kenyal enak ini memang menggoyang lidah. Taburan katsuobushi dan mayonaise membuatnya makin yummy...!

Takoyaki, camilan yang biasa dijual di pinggir jalan di negara asalnya Jepang ini memang sudah mendunia. Konon awalnya camilan ini berasal dari Kansai yaitu suatu daerah di Jepang sana. Namanya sendiri diambil dari 'tako' yang berarti octopus, karena aslinya memang berisi irisan daging gurita. Sedangkan kata 'yaki' berarti bakar.

Cara pembuatan takoyaki sebenarnya sederhana saja namun sedikit unik. Bahan utama yang digunakan untuk membuat camilan ini adalah tepung terigu, telur, dan dashi soup. Yang tak boleh ketinggalan alat khusus memanggang takoyaki yang berbentuk cetakan setengah lingkaran, serta tongkat besi dengan pegangan dari kayu untuk membolak-balik adonan.

Bahkan cara pembuatan takoyaki pun bisa jadi tontonan yang menarik pembeli. Adonan dituang dalam cetakan takoyaki dan dibolak-balik hingga berbentuk setengah lingkaran. Setelah adonan sedikit matang lalu diberi irisan daging octopus, acar jahe, dan daun bawang. Kemudian ditutup kembali oleh adonan dan dibolak-balik hingga akhirnya berbentuk bulat dengan diameter sekitar 4-5cm.

Kini tak hanya octopus, takoyaki juga dijual dalam beragam isi seperti smoked beef, cheese, kani crab, prawn, dll. Setelah matang takoyaki dilumuri saus khusus takoyaki yang berwarna kecoklatan. Lalu diberi topping mayonaise, taburan katsuobushi, dan nori sebagai penambah selera.

Seporsi takoyaki ini biasanya berisi 6-12 buah dan ditaruh dalam box atau kemasan transparan. Dimana untuk menikmatinya biasanya diberikan sebatang tusuk gigi atau sumpit sekali pakai.

Jika di Jepang sana takoyaki biasa dijual di gerobak kecil atau Takoyaki-ya dan stand-stand saat musim panas atau Yatai. Di Indonesia penjual takoyaki kerap dijual di booth yang ada di mal-mal dan dihargai sekitar Rp 15.000,00-Rp 25.000,00 per porsi. Selain menjual takoyaki biasanya dijual pula jajanan khas Jepang lainnya seperti okonomiyaki atau gyoza.

detik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar