Rabu, 07 Oktober 2009

Gurame Bakar


Bosan dengan gurame goreng garing? Anda bisa mencoba sajian gurame bakar yang lebih sedap dan sehat. Daging ikan gurame yang tipis dioles bumbu dan dibakar di atas bara api. Hmm... rasanya tentu saja makin gurih enak. Mau coba siang ini?

Menu andalan resto Sunda biasanya adalah olahan ikan air tawar. Biasanya dibuat pepes atau digoreng kering. Ikan mas, ikan gurame, atau ikan lele sudah sangat banyak variannya. Ikan air tawar yang jadi primadona adalah ikan gurame.

Ikan ini dagingnya tipis lebar tetapi sangat gurih. Karena itu biasanya daging ikan disayat melebar lalu digoreng dalam minyak panas hingga merekah seperti kipas atau bunga. Jika bosan dengan ikan gurame goren yang hanya gurih renyah, coba saja ikan gurame bakar.

Kedua sisi ikan gurame disayat-sayat di beberapa bagian. Kemudian ikan dilumuri bumbu bawang putih dan garam. Ikan gurame kemudian dibakar di atas bara api arang dengan olesan bumbu kecap manis dan cabai. Hasilnya, ikan kecokelatan, garing dengan semburat karamel di bagian kulitnya. Penyajiannya ada juga yang ditaruh di atas cobek atau hot plate alias piring panas.

Rasanya tentu saja lebih enak, sedikit manis, gurih dan pedas. Menyantap ikan gurame bakar ini paling enak tentu dengan nasi putih yang hangat, sambal dadak, lalap sayuran segar. Kalau mau komplet bisa ditambah oseng genjer dan ulekuteuk oncom. Hmm.. sangat sedap menggiurkan!

Jika memang ingin mengisi perut lebih kenyang siang ini, mampir saja di salah satu restoran atau rumah makan berikut ini.

Pondok Laguna
Batu Tulis Raya no. 45.
Jakarta Pusat
Telpon: 021-345-9991

Warung Makan Bi Bet
Ampera Raya No. 120
Jakarta Selatan
Telpon: 021-7884-0615

Gubug Makan Mang Engking
Special Udang Galah/Ikan (hidup)
Danau Salam Kampus UI Depok
Telp: 021-99569150

Rumah Makan Riung Sari
Jl. Ir. H.Juanda
Jakarta Pusat
Telpon:021-381-4352

Dapur Sunda
Jl. Cipete Raya No. 13
Jakarta Selatan
Telpon: 021-769 4834


detik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar