Senin, 26 Oktober 2009

Sate Ayam Blora, Komplet dan Sedep


Jika tergolong penggemar sate, siang ini anda bisa menguji kelezatan sate racikan kabupaten Blora, Jawa Tengah. Irisan daging ayam kampung yang tipis diadu dengan bumbu kacang dan dinikmati panas dengan kuah kuning yang gurih enak. Bisa dimakan dengan nasi atau lontong. Mau coba?

Kalau sate ayam Ponorogo terkenal karena potongan dagingnya yang besar dan mantap, maka sate ayam dari Blora ini sangat berbeda. Satenya terbuat dari daging ayam kampung yang dipotong kecil-kecil.

Di warung makan sate ini biasanya sate ayam dipanggang langsung di depan pelanggan komplet dengan angkringan sate yang khas. Bahkan di keliling angkringan ini ditaruh bangku-bangku kayu panjang untuk makan sate sehingga kalau mau menambah pesanan bisa langsung dari angkringan.

Bumbu sate ini juga tak sekedar olesan kecap manis tetapi memakai bumbu bawang putih, gula merah dan ketumbar. Tentu saja saat dipanggang bukan hanya aroma bawang dan gula gosong yang menebar tetapi juga wangi ketumbar yang unik.

Pelengkap sate yang biasa disajikan di atas sepotong daun jati ini adalah sambal kacang, kecap manis, bawang merah goreng, bawang merah mentah dan sambal rawit. Setelah saus kacang diaduk dengan semua pelengkap, barukan sate dicocolkan ke dalam saus tersebut.

Hmmm... rasanya gurih-gurih, sedikit manis dan pedas beradu dengan liat gurih daging ayam kampung. Keunikan lainnya terletak pada kuah kuning yang menjadi pelengkap. Kuah yang terbuat dari santan encer dengan bumbu bawang ini juga gurih enak. Jadi, lontong atau nasi disiram kuah kuning ini lalu dinikmati dengan sate yang sudah dibalut bumbu. Tentu saja rasanya makin enak!

Kalau siang ini ingin mengcicipi keunikan sate ayam ini, mampir saja ke salah satu rumah makan dan warung sate Blora yang ada di Jakarta ini.

Sate Blora Cirebon
Jl. Pesanggrahan 24
Jakarta Barat

Pondok Sate Blora 'Remaja'
Jl. Panglima Polim Raya No. 62
Jakarta Selatan

Sate Blora AGUS Klender
Samping Mal Klender
Telp: 021-8621387
Gading Batavia Kelapa Gading, Jakarta Utara
Telp: 021-8621387
PTC (Food Court) Pulo Gadung, Jakarta Timur
BSD Plaza, Tangerang
HP: 08159174729

Sate Blora
Jln Balai Pustaka Timur Rawangmangun
Jakarta Timur

detik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar